2 solusi ujian yg diberikan Allah swt



ÙŠَٰٓØ£َÙŠُّÙ‡َا ٱلَّØ°ِينَ Ø¡َامَÙ†ُواْ ٱسۡتَعِينُواْ بِٱلصَّبۡرِ ÙˆَٱلصَّÙ„َÙˆٰØ©ِۚ Ø¥ِÙ†َّ ٱللَّÙ‡َ Ù…َعَ ٱلصَّٰبِرِينَ 

Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan dengan sabar dan shalat; sesungguhnya Allah adalah beserta  orang-orang yang sabar”. (QS. Al-Baqarah:153)

Allah swt menurunkan Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad saw pasti ada hikma dan kita harus mengikuti perintah-Nya. Sebagian orang-orang muslim belum mengetahui tafsir yang terkandung di dalam surah Al-Baqarah ayat 153 ini. Penulis akan menggambarkan seklumit yang berkenaan ayat di atas.
Di dalam ayat di atas, jika kita orang-orang yang beriman dan meyakinkan Al-Qur’an Karim yaitu mukjizat yang sangat besar ini maka jika kita kita mendapatkan musibah apapun yang kita alami maka, ada 2 cara menyelesaikannya, yaitu:

1.       Sabar

Sabar adalah kalimat yang paling sering kita pahami dan dianggap remeh, karena kalimat ini sering diungkapkan oleh orang yang awam bahkan orang yang intelektual. Pengertian sabar dalam Bahasa etimologi adalah menahan diri dari sesuatu yang kita alami dari segala bentuk apapun yang tidak mengenakan. Contohnya: sakit, kecelakaan, kehidupan yang pahit dalam hal dunia, dll.

Dalam pengalaman penulis ini, bahwa ujian yang dirasakan begitu banyak namun ini adalah ujian agar kita selalui bersyukur dikarenakan ujian ini, agar naik derajat ketingkat yang lebih tinggi.  

Allah swt menguji penyakit di dalam keluarga saya dimulai dari 8 atau 9 yang lalu, saya diuji harus masuk kermah sakit di karenakan terkena penyakit tipes, dokter menyatakan saya harus dirawat karena jikalau tidak dirawat maka akan semakin parah penyakit yang saya alami ini. setelah beberapa hari dirumah sakit, alhamdulillah allah swt memberikan kesembuhan.

4 bulan Setelah saya keluar dari rumah sakit maka allah swt, mengujia adik saya yang sedang belajar dipondok pesantren. Adik saya ini terkena DBD karena sudah 1 minggu panasnya ga turun-turun, kata dokter harus dirawat, lalu adik saya dirawatlah selama 3 hari.

1 minggu kemudian saya masuk kembali kerumah sakit, dikarenakan terkena penyakit kebanyakan ngopi…..! hehe   kata dokter & kawan-kawan saya. Dan saya dicek oleh medis dikarenakan terkena infeksi saluran kencing karena katanya sering menahan kencing dan kurang minum air putih. Padahal saya memang sering bergadang di saat itu, saya harus menyelesaikan tesis dalam kurun waktu 2 bulan lebih & dan ternyata saya bisa menyelesaikan tesis itu, hampir setiap hari saya bergadang sampai-sampai, 1 hari tidur hanya 3 – 4 jam.

Setelah 1 bulan saya masuk rumah sakit, maka kaka ipar saya masuk pula kerumah sakit dikarenakan kecapean ngurusin ponakan yang sangat imut-imut. Hehe…

Dan setelah kaka ipar saya masuk rumah sakit, anak saya pula yang harus dirawat. Ya sekitar 2 minggu setelah kaka ipar pulang dari rumah sakit.

Masya allah, ini ujian saya & keluarga yang harus dilewati tapi saya mengambil hal ini ada hikmahnya. Hikmah yang saya petik dari sebab ini adalah:
            1.       Saya lulus kuliah
            2.       BPJS semua tercover oleh pemerintah
            3.       Agar menjadi orang-orang yang sabar.

2.       Shalat

Shalat adalah tiang agama yang harus dipenuhi dan dilaksanakan. Setiap insan yang sudah baligh maka dia wajib melaksanakan shalat 5 waktu, yang diperintahkan Allah swt kepada perantara Nabi Muhammad  oleh umatnya.

Jika penulis mejabarkan tentang shalat maka banyak sekali yang harus ditulis. Penulis singkat saja, mengapa Allah swt memerintahkan untuk kaum Islam yang beriman bahwasannya jika kita ada kesulitan maka harus sabar dan shalat! Ketika kaum muslimin wal Muslimah melaksanakan shalat maka orang yang melaksanakannya akan merasa nikmat bertemu dengan Tuhannya, berdo’a dan mengeluh apa yang ia rasakan disaat kesusuhan orang itu dan agar orang yang terkena kesusahan itu selalu bersyukur dan ingat Allah swt.

Inilah sekelumit kisah penulis, yang banyak kekurangan. Mohon do’a agar Allah swt memberikan kita sehat wal ‘afiyat dan selalu bertaqawa dan beriman kepada Allah swt dan Istiqomah dijalan-Nya. Amiin ya rabbal ‘alamiin.

baca juga : i'jaz al-qur'an